cruise

 Studi wisata (Study Tour) adalah salah satu bentuk metode pembelajaran yang diterapkan dalam sistem pembelajaran di Indonesia. Studi wisata (Study Tour) menjadi salah satu metode pembelajaran yang menarik bagi siswa karena metode  belajar ini dilakukan dengan melihat, mengetahui dan melakukan secara langsung materi pembelajaran ke obyek atau lokasinya langsung. Semua materi saling berkaitan erat di dalam prosesnya sehingga memudahkan dalam pemahamannya. Kegiatan Studi wisata (Study Tour) ini dilaksanakan secara rutin oleh hampir semua institusi sekolah dan lembaga pendidikan yang lainnya. Studi wisata (Study Tour) ini dikemas menjadi satu rangkaian kegiatan, dimana kita dapat mengetahui secara langsung bagaimana dan seperti apa wujud praktis dari apa yang kita dapat sebagai wawasan ilmu yang diajarkan secara teori. Selain itu kegiatan Studi wisata (Study Tour) ini juga bermanfaat untuk membuka wawasan siswa terhadap dunia lain yang lebih nyata.

Untuk mempermudah lembaga pendidikan melakukan metode pembelajaran Studi wisata (Study Tour) ini, Diplines Tour memberikan beberapa alternatif tujuan lokasi yang dapat digunakan sebagai referensi dalam menentukan kegiatan Studi wisata (Study Tour) ini. Diplines Tour merancang kegiatan Studi wisata (Study Tour) yang dikemas dalam kegiatan wisata atau dengan istilah lain belajar sambil wisata atau wisata sambil belajar sehingga kegiatan Studi wisata (Study Tour) ini belangsung efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Beberapa lokasi yang kami referensikan untuk kegiatan Studi wisata (Study Tour) berdasarkan pengalaman Diplines Tour mengemas kegiatan Studi wisata (Study Tour) adalah :

 

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botani (tumbuh-tumbuhan) besar yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki sekitar 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Menurut Prasasti Batutulis, Kebun Raya Bogor pada mulanya merupakan hutan buatan yang telah ada pada masa kerajaan Sunda tepatnya pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi (1474-1513 M). Pada awal tahun 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang mendiami Istana Bogor dan memiliki minat besar dalam botani, tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik. Dengan bantuan para ahli botani Belanda, Raffles merubah halaman Istana Bogor menjadi taman bergaya Inggris klasik. Kondisi ini merupakan sesuatu yang menarik untuk kita ketahui dan pelajari dari sebuah penginggalan sejarah ini. Di Kebun Raya Bogor ini kita bisa mengetahui sejarah Kebun Raya Bogor, keanekaragaman tanamannya, proses penanamannya, peoses pemeliharaannya dan lain-lain. Banyak ilmu yang didapatkan di Kebun Raya Bogor ini.


Museum Zoologi

Museum Zoologi ini mempunyai tugas memperkenalkan keanekaragaman fauna nusantara dalam bentuk awetan binatang dan replika.  Dengan melakukan Studi wisata (Study Tour) di Museum Zoologi ini diharapan siswa/pengunjung dapat lebih mengenal kekayaan fauna nusantara, meningkatkan kepedulian dan kecintaan generasi muda akan fauna nusantara, serta menunjang usaha pelestariannya. Berbagai jenis koleksi fauna di Museum Zoologi ini diantaranya mamalia yang terdiri dari berbagai jenis binatang menyusui yang dikumpulkan dari berbagai kepulauan di Indonesia, berbagai jenis species ikan langka, berbagai macam burung, bermacam-macam species reptil dan Amfibi yang ada di Indonesia, berbagai jenis serangga dan beraneka macem jenis invertebrata yang lain.

Dengan studi wisata (Study Tour) ke Musium Zoolologi ini kami yakin siswa kanan lebih mudah mengetahui keanekaragaman fauna yang pernah dan masih hidup di Indonesia.

 

Museum PETA

Untuk mengenang Bogor sebagai kota pembela tanah air, dibangunlah monumen yang berdiri berdampingan dengan museum yang diberi nama Museum PETA. Museum PETA menempati lokasi yang dahulu dijadikan tempat pendidikan kemiliteran para perwira PETA. Memasuki kawasan museum, pengunjung akan disambut sebuah prasasti yang dituliskan pada dinding marmer. Tulisan bernada nasionalisme tersebut berisi sebuah pernyataan: “Bumi Pembela Tanah Air Ini Merupakan Kawah Candradimuka Keprajuritan Indonesia, Kami Datang dan Berkumpul di Bogor Tidak Saling Mengenal, Kami Berpisah sebagai Kawan Seperjuangan untuk Membela Tanah Air.”

Masuk Musium PETA lebih ke dalam, pengunjung akan menjumpai berbagai diorama yang menjelaskan sejarah dan perkembangan tentara PETA dalam meraih cita-cita kemerdekaan Indonesia. Selain diorama, terdapat juga koleksi pakaian dan berbagai jenis senjata yang pernah digunakan tentara PETA. Koleksi lainnya berupa foto dokumentasi sepak terjang tentara PETA hasil guntingan dari media masa pada saat itu. Terdapat sebuah monumen di bagian belakang Museum PETA.


Museum dan Monumen PETA dibuka untuk umum setiap hari kecuali Sabtu, Minggu, dan hari besar nasional. Jam operasional museum dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB.

 

Kampung Wisata Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang terletak di Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kampung Wisata Sindangbarang ini berjarak hanya 5 km dari Kota Bogor. Kampung Wisata Sindangbarang ini merupakan kampung tertua di Wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, Berdasarkan sumber naskah Pantun Bogor dan Babad Pajajaran, Di Kampung Budaya Sindangbarang ini terdapat 8 macam Kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya. Di Kampung Wisata Sindangbarang ini juga terdapat situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran yang berupa Bukit-bukit berundak.

Untuk melestarikan kesenian tradisional di kampung budaya, maka diselenggarakan pelatihan tari dan gamelan untuk generasi muda secara gratis oleh Kampung Budaya Sindangbarang. Anak-anak muda yang telah mahir di bidang kesenian masing-masing akan dilibatkan dalam pementasan untuk menyambut tamu.

Tinggal bersama kokolot merupakan salah satu keunikan di Kampung Kudaya Sindangbarang. Karena merupakan kampung budaya maka para tamu akan merasakan suasana kehidupan perkampungan sehari-hari, dimana para tamu akan tinggal bersama kokolot dan seniman yang memang tinggal di kampung budaya ini. Para tamu akan menemui suasana para ibu-ibu menumbug padi di saung lisung, memasak dengan menggunakan kayu bakar dan Hawu (kompor tradisional sunda), melihat para petani bercocok tanam, belajar kesenian tradisional dan lain-lain.

Kegiatan Wisata Budaya yang diselenggarakan di Kampung Budaya Sindangbarang ini adalah murni dilakukan sepenuhnya oleh para kokolot Kampung Budaya Tradisional Sunda.

 

Nilai Sejarah yang dapat diambil :

Sindangbarang, nama tersebut telah dikenal dan tercatat dalam Babad Pakuan / Pajajaran sebagai salah satu daerah penting Kerajaan Sunda dan Pajajaran. Hal ini disebabkan di Sindangbarang terdapat salah satu keraton kerajaan tempat tinggalnya salah satu istri dari prabu Siliwangi yang bernama Dewi Kentring Manik Mayang Sunda. Sedangkan penguasa Sindangbarang saat itu adalah Surabima Panjiwirajaya atau Amuk Murugul. Bahkan Putra Prabu Siliwangi dan Kentring Manik Mayang Sunda yang bernama Guru Gantangan lahir dan dibesarkan di Sindangbarang.

Sampai saat ini masih ada peninggalan purbakala berupa Taman Sri Bagenda di Sindangbarang, yaitu taman yang berupa kolam dengan panjang 15 X 45 meter, dan 33 buah titik Punden Berundak. Kampung Sindangbarang adalah kampung tertua di Bogor, dimana kampung ini sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda. Sampai Saat ini tradisi seni dan budayanya masih terpelihara disana. Terdapat situs purbakala peninggalan jaman Kerajaan Sunda yang bisa anda lihat ketika Treking melewati sawah dan sungai di Sindangbarang yang tentunya tidak akan anda temui ditempat lain. Dilengkapi dengan rumah-rumah tradisional khas Sunda Bogor dan Lumbung padinya yang berjejer akan menambah suasana pedesaan kuno jaman dahulu kala. Wisata budaya di Sindangbarang merupakan wisata yang eksotis yang tidak akan ditemui di tempat lain.


Taman Buah Mekar Sari

Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar didunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia. Taman Buah Mekarsari juga merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat secara umum. Di Taman Buah Mekarsari ini kita dapat melihat dan mempelajari langsung kegiatan budidaya tanaman buah mulai proses pembibitan, pembuahan sampai kepada proses panen. Hal ini merupakan susuatu uang menarik untuk pembelajaran dan pengetahuan. Selain kegiatan belajar, di Taman Buah Mekarsari ini kita dapat berekreasi di berbagai wahana yang telah disediakan. Konsep belajar sambil berwisata ada di Taman Buah Mekarsari.

 

Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasirmukti dengan lahan seluas 15 hektar adalah Kebun Wisata Agro yang ramah lingkungan dengan panorama hamparan sawah diantara kebun buah dan kolam pancing ikan. Kebun Wisata Pasirmukti terletak diantara Desa Tajur, Pasirmukti, dan Gunung Sari, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kebun Wisata Pasirmukti dapat ditempuh ± 60 menit dari Jakarta.

Wisata Agro (Agro Tourism) adalah suatu bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman, rekreasi dan hubungan usaha di bidang pertanian. Yang dimaksud dengan Pertanian Indonesia adalah: mencakup tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan.


Kebun Wisata Pasrimukti adalah jendela Pertanian Indonesia karena memiliki lahan sawah (tanaman pangan), kebun bunga anggrek, lahan sayur, dan tanaman obat-obatan (hortikultura), kebun buah-buahan (perkebunan), unggas dan ruminansia mewakili peternakan dan kolam air tawar untuk perikanan.

 
Jam operasional Kebun Wisata Pasirmukti adalah pukul 08.00 – 17.00 WIB setiap hari.

 

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan Kawasan Puncak. Taman ini berfungsi menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 meter di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius.

Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Dengan Studi wisata (Study Tour) di Taman Safari Indonesia kita dapat belajar dan melihat langsung berbagai jenis hewan yang tidak terdapat di sekitar tempat tinggal kita atau bahkan hewan yang sudah langka. Konsep belajar sambil wisata ada di Taman Safari Indonesia.

 

Wisata Agro Gunung Mas

Tempat Wisata Agro Gunung Mas terdapat di Daerah Puncak, Kabupaten Bogor. Tempat Wisata Agro Gunung Mas ini berjarak kurang lebih 70 km dari Jakarta atau 25 km dari Kota Bogor.

 
Di Tempat Wisata Agro Gunung Mas ini, Anda dapat berjalan kaki mengelilingi perkebunan teh. Melihat-lihat tentang tanaman ini, antara lain melihat cara penyemaian, cara panen daun teh yang sering dilakukan oleh warga sekitar. Anda juga dapat ikut bergabung dengan masyarakat pemetik daun teh ini untuk menambah pengalaman dan belajar.

Selain itu, di Tempat Wisata Agro Gunung Mas ini kita dapat melihat proses pembuatan teh secara langsung di pabriknya, hal ini merupakan nilai tambah sebagai pengetahuan kita berkunjung ke Gunung Mas.
 

Dengan Studi wisata (Study Tour) di Tempat Wisata Agro Gunung Mas ini kita dapat belajar dan melihat langsung proses pembuatan Teh mulai dari pembibitan, cara penanaman, pemetikan daun teh dan proses pembuatan teh dipabriknya. Konsep belajar sambil wisata ada di Tempat Wisata Agro Gunung Mas.
 
 
Untuk keterangan harga Paket Wisata dan keterangan yang lainnya yang lebih detail, Anda dapat menanyakan langsung ke kami melalui email kami di halaltour@diplines.com. Silahkan segera hubungi kami memalui menu Informasi dan Reservasi .