Gili Labak, Pesona Pasir Putih di Pulau Madura

Kamu sudah berkunjung ke Gili Labak yang ada di Pulau Madura? Atau malah baru dengar? Kebetulan banget, postingan kali ini akan membahas tentang objek wisata yang ada di Pulau Madura ini.

Madura adalah daerah yang terkenal dengan karapan sapi, sate, serta hawa udaranya. Namun tahukah kamu bahwa Madura juga menyimpan keindahan yang sangat memanjakan mata, yakni, Gili Labak.

Gili Labak kepunyaan Madura ini tidak kalah dengan Gili Labak punya Lombok, lho! Apalagi memiliki hamparan pasir putih, air laut yang jernih, serta perairan pinggir pantai yang tenang.

Di pulau ini kamu bisa melihat terumbu karang tanpa harus menyelam karena air lautnya yang kelewat bening. Selain itu, pulau ini membentang sepanjang 5 hektar dan dapat dikelilingi dalam waktu kurang dari sejam.

Baca Juga : Eksotisme Kawah Ijen Banyuwangi yang Menawan

Pulau dengan Pesona Pasir Putih

Gili Labak layak untuk jadi list wisata kamu selanjutnya. Berlokasi di ujung paling timur Pulau Madura tepatnya diKecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Gili Labak juga dijuluki sebagai Pulau Tikus karena hanya dihuni oleh 35 kepala keluarga yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan.

Beberapa penduduk adapula yang mulai merambah jasa pariwisata dengan cara menyewakan kapal mereka untuk menjelajah pulau. Warga asli Gili Labak juga sangat ramah kepada wisatawan, namun kebanyakan dari mereka hanya bisa berbahasa madura.

Sayangnya, infrastruktur di di tempat wisata ini memang masih sangat terbatas. Misalnya air bersih (untuk mendapat air bersih harus diangkut oleh penduduk lokal dari pulau lain), belum tersedianya rumah makan dan penginapan (untuk menginap kamu harus numpang di rumah warga), dan listrik yang hanya bisa menyala di malam hari karena menggunakan tenaga surya.

Walau begitu, kalau kamu tipe petualang yang hobi snorkling, tempat wisata ini bisa jadi tujuan wisata nomor satu di provinsi Jawa Timur. Snorkling merupakan aktivitas wisata utama di pulau ini karena di sini masih terdapat banyak titik dengan kesehatan karang yang baik dan aneka biota laut yang beragam.

Baca Juga : Tips Traveling Murah Buat Kamu yang Minim Dana

Tips Ketika Berlibur ke Gili Labak

Untuk efisiensi waktu, dari surabaya kamu menuju ke terminal barung asih. Sebaiknya berangkat menggunakan bis malam dari terminal barungasih, karena hanya bis malam yang pemberhentian terakhirnya hingga ke Pelabuhan Kalianget.

Sehingga tidak perlu repot mencari angkutan yang akan membawa kamu menuju pelabuhan. Kamu juga bisa tiba di pagi hari dan langsung menyebrang ke Gili Labak. Namun jika berangkat pada pagi atau siang hari, jalur yang akan kamu lewati adalah menggunakan ferry melalui Pelabuhan Tanjung.

Oleh sebab itu, berkunjunglah pada sekitar bulan April hingga November karena kondisi laut sedang tenang pada saat itu.

Btw, Pada siang hari tidak ada transportasi umum yang tersedia dari Pelabuhan Kalianget menuju Terminal Sumenep. Transportasi umum hanya beroperasi pada malam hari. Namun kamu bisa kok menggunakan ojek.

Sebaiknya kamu memakai jasa bantuan agen pariwisata jika ingin berkunjung kesini sehingga kamu tidak perlu repot menyiapkan berbagai keperluan. Harga yang ditawarkan cukup variatif apabila dijemput di Surabaya.

Jika kamu pergi ke tempat ini untuk snorkling atau diving, bawalah peralatan sendiri. Karena pulau ini belum menyediakannya.

Tinggalkan komentar