10 Objek Wisata Sleman yang Eksotis

Sleman adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak objek wisata yang eksotis. Lokasi wisata Sleman sering kali dijadikan paket wisata untuk para wisatawan yang akan berkunjung ke Jogja.

Adapun objek wisata sleman yang bisa kamu kunjungi, silahkan simak pada postingan ini.

Baca Juga : Kawah Ijen Banyuwangi

Objek Wisata di Sleman

objek wisata musuem gunung merapi sleman
Museum Gunung Merapi. Sumber gambar visitingjogja.jogjaprov.go.id

1. Kinaharjo

Kinahrejo adalah sebuah desa dimana Mbah Maridjan tinggal semasa hidupnya, sekarang daerah Kinaharjo ini sudah hancur total setelah peristiwa meletusnya gunung merapi pada 26 Oktober tahun 2015 lalu. Nah, sisa-sisa perkampungan Kinaharjo saat ini menjadi Lokasi Wisata Sleman yang menarik.

Di tempat ini kamu bisa melihat sisa lava yang masih tersisa, serta barang – barang yang menjadi saksi bisu dari peristiwa meletusnya Gunung Merapi, ditempat ini juga kamu bisa mendapatkan aneka souvenir hasil karya penduduk sekitar.

2. Goa Jepang

Lokasi Wisata Sleman Selanjutnya adalah Goa Jepang, di Sleman Aada dua buah Goa Jepang yang bisa kamu kunjungi, Gua Jepang yang pertama berada di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah serta Goa Jepang yang kedua berada di sisi barat bukit Plawangan, Kaliurang. Kedua goa ini merupakan goa yang dijadikan sebagai bunker pertahanan semasa pendudukan Jepang.

3. Museum Dapur Tradisional

Museum Dapur Tradisional menjadi lokasi wisata Sleman yang menarik berikutnya, museum ini memiliki koleksi yang sangat unik berupa peralatan dapur tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu kala.

useum Dapur Tradisional terletak di desa wisata Kembangarum, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum Dapur Tradisional ini menjadi Lokasi Wisata Sleman yang diperuntukan untuk pendidikan supaya para generasi muda mengetahui sejarah perkembangan peralatan dapur di Indonesia khususnya.

4. Museum Dirgantara Mandala

Lokasi Wisata Sleman selanjutnya adalah Museum Dirgantara Mandala, museum ini menyimpan diorama serta berbagai miniatur pesawat dengan berbagai jenis. Di Museum Dirgantara ini terletak di dekat

Kompleks Lanud Adisucipto. Museum ini menjadi Lokasi Wisata Sleman yang cukup digemari oelh para anak kecil hingga dewasa, museum ini sangat bagus untuk sarana pengenalan kepada generasi muda.

5. Museum Gunung Merapi

Selain Museum Dirgantara, di Sleman juga ada Museum Gunung Merapi yang dibangun di Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi Wisata ini berjarak sekitar 5 km dari kawasan Kaliurang.

Museum Gunung Merapi ini dibangun dengan tujuan dapat memberikan pendidikan bagi masyarakat akan akibat dan sejarah Gunung Merapi.

Baca Juga : Gili Labak, Pesona Pasir Putih Pulau Madura

6. Museum Affandi

Lokasi Wisata Sleman Selanjutnya adalah Museum Affandi, Affandi adalah salah satu maestro pelukis yang sangat terkenal di Indonesia. Karya-karya lukisan dari Affandi sudah didokumentasikan dalam Museum Affandi ini yang terletak di pinggir sungai Gajah Wong, atau di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167 Yogyakarta.

Jadi buat kamu para pecinta seni, museum ini sangat tepat sekali untuk kamu kunjungi, kamu dapat melihat mahakarya dari Affandi dan mungkin kamu juga bisa mendapatkan Inspirasi untuk menghasilkan karya lukisan yang bagus.

7. Museum Yogya Kembali

Selanjutnya ada Museum Yogya Kembali, museum ini dibangun dengan tujuan untuk mengingat jasa para pahlawan yang gugur pada tragedi serangan umum satu maret 1949 pada saat melawan penjajahan Belanda.

8. Candi Kalasan

Candi Kalasan adalah salah satu bangunan bersejarah dan menjadi salah satu Lokasi Wisata Sleman yang layak untuk kamu kunjungi. Lokasi Candi Kalasan adalah di Jl. Raya Yogya Solo Km 14 Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Kalasan merupakan peninggalan dari Agama Budha dan merupakan candi tertua di Yogyakarta.

9. Candi Boko

Lokasi Wisata Sleman selanjutnya adalah Candi Boko yang terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Apabila anda berkunjung ke Candi Prambanan, tak lengkap rasanya apabila belum mengunjungi Candi Boko.

Konon katanya Candi Boko ini adalah bekas kerajaan Ratu Boko, yang dulunyaternyata ayah dari Roro Jonggrang. Candi Boko berada di dua dukuh yaitu Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo serta Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi wisata Sleman ini sedang diajukan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia.

10. Candi Prambanan

Lokasi Wisata Sleman yang terakhir adalah Candi Prambanan, Candi ini sudah sangat terkenal bahkan sampai mancanegara. Candi Prambanan ini dibangun pada abad ke sembilan yang merupakan peninggalan dari agama Hindu.

Kerennya Candi Prambanan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Candi Prambanan juga memiliki hubungan erat dengan cerita mitos tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Tidak heran jika Candi Prambanan menjadi Lokasi Wisata Sleman paling favorit kalau dibandingkan dengan beberapa Lokasi Wisata Sleman Lainnya.

Nah, itulah 10 Lokasi Wisata Sleman yang Eksotis, semoga menambah pengetahuan kamu akan tempat wisata di Sleman dan Indonesia serta bisa menambah referensi tempat wisata kamu saat musim liburan tiba.

Tinggalkan komentar